Sabtu, 26 Mei 2012

Pentingnya Administrasi


Ketika sebuah negara terbentuk, ia memiliki tujuan-tujuan bersama yang ingin dicapai. Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, dibentuklah sebuah pemerintahan yang bertindak melindungi kepentingan umum. Pada tahap selanjutnya, diharapkan dapat memajukan kesejahteraan umum.

Artinya, pada proses bernegara, akan ada proses pembangunan yang dilakukan untuk memajukan kesejahteraan umum. Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan inilah, peran administrasi publik sangat penting. Ia akan mengawal pembangunan suatu negara untuk mencapai apa yang sudah menjadi cita-cita bersama.
Singkatnya, administrasi publik akan menentukan apa saja tujuan pembangunan dan menentukan bagaimana cara mencapai tujuan-tujuan tersebut. Terutama, yang berkaitan dengan pelayanan umum bagi setiap warga negaranya. To do the right things and to do the things right.

Pokok kajian
Administrasi publik adalah bagian dari proses politik karena ia berperan penting dalam merumuskan kebijakan publik, tujuan negara, serta tata cara dan etika penyelenggaraan negara. Pokok kajian dalam administrasi publik adalah mengenai tindakan manusia dalam organisasi pemerintahan. Apa saja yang dilakukan orang-orang di pemerintahan dan bagaimana mereka melakukannya. Makin maju dan kompleks permasalahan sebuah negara, akan melahirkan cara-cara baru untuk menghadirkan solusi terbaik. Oleh karena itu, ilmu administrasi publik selalu berkembang dinamis mengikuti perkembangan manusia dan negara.

Reformasi Administrasi Publik
Administrasi publik berkembang sesuai kebutuhan suatu negara. Kebutuhan negara berkembang berbeda dengan kebutuhan negara maju. Di negara maju, perkembangan dalam bidang sosial, politik, dan ekonomi serta kemajuan teknologi informasi mendorong perubahan besar dalam manajemen dan administrasi publik. Terutama, dalam hal efisiensi dan efektivitas pengelolaan sektor publik.

Monopoli pemerintah dalam penyediaan layanan publik dinilai tidak efisien karena menciptakan biaya dan pemborosan besar-besaran serta birokrrasi yang panjang. Belum lagi, efektivitasnya yang mulai dipertanyakan karena hasil layanan yang buruk dan kurang memperhatikan kebutuhan pelanggan, dalam hal ini masyarakat umum.
Hal ini mendorong terciptanya manajemen publik baru yang memberi banyak tempat untuk desentralisasi dan otonomi. Sementara itu, pelaksanaan administrasi publik di negara berkembang yang sedang giat melakukan pembangunan, memerlukan bantuan telaah dari administrasi pembangunan.

Telaah yang meliputi administrasi perencanaan, pembiayaan, pelaksanaan, pengendalian, serta evaluasi, bertujuan untuk mendukung proses dan keberhasilan pembangunan. Administrasi pembangunan menelaah sistem administrasi negara di negara yang sedang membangun dan upaya-upaya meningkatkan kemampuannya dalam praktik menuju modernisasi.
Dengan kata lain, administrasi publik diperuntukkan bagi negara maju, sedangkan administrasi pembangunan diperuntukkan bagi negara berkembang.