Jumat, 01 Juni 2012

Tugas Agama Kristen Protestan I

Versi I

1. Penjelasan singkat dengan kata-kata sendiri pengertian agama dan peranan agama dalam kehidupan manusia secara umum!
Jawab
Pengertian agama
       Sesungguhnya mengartikan agama bukanlah suatu hal yang mudah, karena konsep agama memiliki konsep yang multidimnesi. Setiap orang memiliki persepsi sendiri tentang agama. Namun, secara umum gambaran agama oleh setiap orang adalah berkaitan dengan tuhan, kitab suci, dan rumah ibadah. Sedangkan jika ditanya lebih dalam, akan muncul kata-kata hari besar, mukzizat, kepercayaan, dan lai-lain. Secara etimologi, kata agama beasal dari bahasa Sansekerta yaitu “a” berarti tidak, dan “gaam” berarti kacau balau. Jadi, secara singkat agama itu adalah tidak kacau balau.
       Menurut saya sendiri agama adalah sebuah proses manusia untuk mencapai hidup yang kekal melalui kepercayaan pada pribadi yang memiliki kekuatan di luar kekuatan manusia yang disebut tuhan dimana wujud dari kepercayaan itu adalah penyembahan secara rutin.

Peranan agama secara umum
       Sebagai sebuah keyakinan, tentu agama memilki peran di dalam kehidupan setiap manusia yang meyakini adanya Tuhan malalui agama tersebut. Ketika seseorang memutuskan untuk memasuki sebuah komunitas agama tertentu, itu menyiratkan bahwa seseorang itu telah terpengaruh akan ajaran-ajaran yang ada di dalam komunitas agama tersebut.

       Secara umum, agama memiliki 3 peran dalam kehidupan manusia:
1. Agama berperan untuk mengubah pribadi manusia. Maksudnya, agama bukan mengubah kepribadian seseorang secara mutlak, melainkan mengubah perilaku manusia dari perilaku-perilaku yang tidak sejalan dengan ajaran agama menjadi sejalan dan baik menurut agama yang bersangkutan. Ajaran agama juga menjadi norma dan nilai yang digunakan setiap orang di dalam berperilaku.

2. Agama berperan memperbaiki keadaan masyarakat. Di dalam kehidupan manusia yang kompleks dan majemuk, sering kali terjadi konflik baik antar sesama manusia maupun dengan lingkungan. Maka, dengam penghayatan yang baik terhadap ajaran agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, diharapakan konflik antar sesama jadi hilang dan manusia semakin mencintai alam dengan mempedulikan kelestariannya.

3. Agama mempersatkan masyarakat. Meskipun di dalam realita kehidupan, sering kali terjadi konflik antar agama, namun sesungguhnya it bukanlah sesuatu yang diinginkan setiap umat beragama. Melainkan adanya oknum-oknum  yang memanfaatkan perbedaan itu ke arah konflik. Disinilah agama berperan untuk mempersatukan masyarakat tanpa memandang bulu melalui ajaran-ajaran nya yang mengajak manusia itu untuk bersikap terbuka dan toleransi.

2. Definisi agam kristen dan penjelasan singkat dengan menggunakan kata-kata sendiri mengnai perbedaan agama kristen dengan agama-agama lainnya!
Jawab
Definisi agama Kristen dan perbedaannya dengan agama lain
       Agama Kristen adalah agama yang ajarannya didasarkan pada pernyataan-pernyataan, kesaksian-kasaksian, dan janji-janji Allah yang terdapat dalam kitab Suci Alkitab. Tentunya setiap agama memilki ciri khas tersendiri. Agama Krsiten mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan agama-agama yang lain. Hal yang mudah dilihat adalah dari segi Kitab Suci, rumah ibadah, tuhan yang disembah, ajaran, dan hari besar. Misalnya antara agama Krsiten dengan agama Islam. Agama Islam memiliki kitab suci Al-quran dan percaya bahwa Muhammad adalah utusan Rasulullah, beribadah di Masjid dan hari besarnya Maulid Nabi, hari raya Idul Fitri, dan lain-lain. Sedangkan agama Kristen memilki kitab Suci Alkitab, mempercayai Yesus sebagai Tuhan, beribadah di Gereja, dan hari besarnya meliputi Hari Lahir Yesus 24-25 Desember, Kematian Isa Al-Masih, dan Kenaikan.

3. Refleksi singkat dan praktis tentang peranan agama dalam pembentukan dan pengembangan kepribadian mahasiswa Kristen!
Jawab
       Mahasiswa Kristen sebagai agent of change dan calon-calon pemimpin masa depan diharpkan memiliki integritas yang tinggi yang didasark pada keyakinan dan penghayatan yang kuat terhadap ajaran agama Kristen. Melalui hal tersebut, maka akan tercipta mahasiswa Kristen yang benar-benar takut akan Tuhan. Sebagai refleksi singkatnya adalah sebagai berikut: “Selama kuliah, mahasiswa Kristen diwajibkan mengambil matakuliah agama Kristen sebagai matakuliah pengembangan kepribadian. Melalui meteri-materi kuliah dan tugas-tugas yang diberikan dosen, menghormati dan mendengarkan dosen secara seksama, mengerjakan semua tugas dengan baik dan jujur serta mengumpulkannya tepat waktu, maka mahasiswa akan terlatih untuk bertanggugjawab dengan pekerjaannya. Di dalam matakuliah agama juga, sebelum dan sesudah pelajaran selalu diawalai dan diakhiri dengan doa. Tindakan ini membentuk kepribadian mahasiswa Kristen untuk selalu mengucap syukur atas setiap kesempatan yang masih dimilkinya serta menjalin komunikasi yang baim dengan Sang Pencipta. Dengan hal-hal tersebut, diharapkan setiap mahasiswa Kristen menjadi pribadi-pribadi yang takut akan Tuhan sebagai calo-calon pemimpin bangsa.



Versi II


1. Penjelasan singkat dengan kata-kata sendiri tentang pengertian agama dan peranan agama dalam kehidupan manusia secara umum?

2.  Defenisi bagi agama Kristen dan penjelasan singkat dengan menggunakan kata-kata sendiri mengenai perbedaan agama Kristen dengan agama-agama lain.?

3. Refleksi singkat dan praktis tentang peranan agama dalam pembentukan dan pengembangan kepribadian mahasiswa Kristen.?

 Jawab


1.   Agama merupakan kepercayaan atau keyakinan kepada sesuatu yang berkuasa (oknum yang dipercayai). Dimana kepercayaan ini membuat kita menyembah, berbakti dan hormat kepada oknum yang dipercayaai. Bentuk penyembahan, bakti, atau rasa hormat kepada yang dipercayai ini dapat berupa ibadah dan menuruti norma-norma dan hukum yang ditetapkan oleh oknum yang dipercayai ini.
Oleh karena itu agama juga memiliki aturan-aturan ataupun perintah-perintah yang harus ditaati oleh orang yang mempercayai agama tersebut. Agama juga memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia .
Perananan agama dalam kehidupan manusia secara umum ialah :
   a. Agama berperan dalam mengontrol emosi manusia sehingga mencegah terjadinya kekacauan dan dendam. Seperti yang tertulis pada Matius 5 :38-39 “Tetapi Aku berkata kepadamu : Janganlah engkau melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu”
Ini menjelskan bahwa agama selalu mengajarkan hal yang baik kepada umatnya terutama dalam hal mencegah kekacauan dan dendam.

   b. Agama berperan dalam hal pendekatan kita kepada Ilahi sehingga kita dapat menghindari perbuatan dosa , karena tertulis pada Roma 3 : 23 “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah”
Kita adalah manusia yang berdosa, agama mengarahkan kita kepada hal-hal baik dan perintah-perintah Allah yang membuat kita jauh dari dosa tetapi semakin dekt dengan Tuhan
 
  c. Agama berperan dalam proses pertumbuhan pribadi manusia sehingga manusia tidak sesat dan hidup rukun dengan sesama. Karena di jaman sekarang ini banyak sekali pengaruh-pengaruh buruk baik dari lingkungan ataupun dari pergulan, maka peran agama sangat dipentingkan agar dapat membuat hidup kita lebih terarah dan tahu membedakan mana yang baik dan yang buruk.

2.      Agama Kristen merupakan kepercayaan yang didasari oleh ajaran dan cara hidup Yesus Kristus. Agama Kristen meyakini Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat bagi seluruh umat manusia. Seperti yang tertulis pada Alkitab Yohanes 14 : 6 Kata ‘Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.’ 

Perbedaan agama kristen dengan agama lainnya adalah :
a.  Agama Kristen menegaskan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat manusia, sedangkan agama lain tidak menganggap bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamatnya

b. Agama Kristen hidup menurut Firman Allah yang ada pada Alkitab dan juga Hukum Taurat. Kesaksian-kesaksian yang ada pada alkitab merupakan bukti nyata Firman Tuhan. Sebagai orang Kristen kita berkeyakinan untuk mengikut Yesus,mengikuti cara hidup, meninggalkan keinginan daging (duniawi) dan berfokus untuk menjalani kehidupan rohani di dalam Yesus Kristus.

c. Agama kristen memberitakan kepada para jemaat bahwa keselamatan berupa kehidupan yang kekal telah dijanjikan oleh Allah 

d.  Agama Kristen berpokok pada Kasih yang merupakan ajaran Yesus Kristus. Dalam keseharian hidupnya , Yesus selalu menunjukkan dan mengamalkan kasih terhadap sesama. Seperti yang tertulis pada Matius 22 : 37-39 ‘Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu , dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.’

 3Agama Kristen sangat penting dalam pembentukan dan perkembangan kepribadian mahasiswa Kristen. Sejak dini atau kecil, kita sebagai orang Kristen sudah diajarkan untuk hidup dalam kasih, menolong sesama, mencintai Tuhan, dan hidup teratur sesuai Firman Allah yang ada pada Alkitab. Ajaran-ajaran yang ada dalam Agama Kristen yang telah ditanamkan pada kita semenjak kita dini sangatlah penting untuk kehidupan masa depan kita karena sebagai mahasiswa , tidak jarang banyak pengaruh-pengaruh buruk yang disajikan pergaulan juga lingkungan terhadap kehidupan kita sebagai orang Kristen



Versi III

1. Penjelasan singkat dengan kata-kata sendiri tentang pengertian agama dan peranan agama dalam kehidupan manusia secara umum.
2. Defenisi bagi agama Kristen dan penjelasan singkat dengan menggunakan kata-kata sendiri mengenai perbedaan agama Kristen dengan agama-agama lain.
3. Refleksi singkat dan praktis tentang peranan agama dalam pembentukan dan pengembangan kepribadian mahasiswa Kristen.

Jawaban

1. Pengertian agama menurut saya adalah suatu bentuk kepercayaan kepada Tuhan dan merupakan nilai atau norma ajaran moral spiritual kerohanian yang mendasari dan membimbing hidup dan kehidupan manusia, baik sebagai individu maupun sebagai warga masyarakat. Dan peranan agama dalam kehidupan sehari-hari manusia secara umum adalah membimbing kita dalam menentukan hal positif dan negatif atau baik dan buruk dalam melakukan aktivitas kita sehari-hari.

2. Definisi agama Kristen menurut saya adalah suatu bentuk kepercayaan kepada Tuhan Yesus Kristus, dimana Dia adalah sang juruselamat yang rela menderita dan mati disalibkan demi menebus dosa manusia. Dan perbedaan agama Kristen dengan agama-agama lain adalah bagi kita, Yesus adalah seorang juruselamat yang telah menebus dosa kita tapi bagi orang lain, Yesus hanya seorang nabi yang baik dan saleh. Lalu, menurut agama lain perbuatan baik mempunyai andil untuk menyelamatkan manusia, sedangkan dalam agama Kristen, sekalipun perbuatan baik itu juga harus dilakukan, tetapi sama sekali tidak punya andil dalam menyelamatkan kita. Karena dalam agama Kristen, kita bisa selamat hanya karena iman / percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, dan sama sekali bukan karena perbuatan baik kita.

3. Peran agama dalam pembentukan dan pengembangan kepribadian mahasiswa Kristen adalah kita sebagai mahasiswa dapat lebih mengerti mana hal baik dan mana hal buruk sehingga kita dapat menerapkannya dalam studi kita di kampus, misalnya disaat ujian ada soal yang sangat sulit dan disaat itu pula ternyata ada kesempatan untuk melakukukan kecurangan mencontek. Disaat seperti itulah kita sebagai mahasiswa mulai berpikir apakah akan jujur atau tidak, apakah hanya demi suatu nilai kita rela melepas norma agama yang sudah kita tanam dalam hati kita sejak dulu, dan melakukan dosa. Apabila kita jujur, itu menunjukkan kepribadian kita sudah semakin berkembang menjadi lebih baik. Kemudian dengan adanya agama, kita sebagai mahasiswa bisa lebih mengasihi sesama kita atupun lingkungan, sama seperti halnya Tuhan kita Jesus Kristus yang sangat begitu mengasihi kita hingga rela mati demi menebus segala dosa-dosa kita.peran agama sangatlah penting untuk membimbing kita sebagai mahasiswa Kristen agar kita tahu membedakan perilaku yang mana yang baik dan yang mana yang buruk, perilaku yang mana yang sesuai dengan firman Tuhan, dan perilaku yang mana yang mencerminkan sikap seorang Kristen sejati. Sekirnya dengan memiliki agama terutama agama Kristen, para mahasiswa Kristen dapan menjadi garam dan terang dunia. Matius 5:13-16.